Penghias Kuburan Menjadi Tanaman Hias

Itu dulu. sekarang ”nasib” kamboja telah berubah. Perhatikan saja, sekarang tanaman bertubuh tinggi ini mulai menghiasi halaman rumah di kota-kota besar. Orang pun tak ragu lagi menghiasi interior rumah dengan tanaman berbunga cantik ini.Istimewanya lagi karena penampilannya yang cantik dan dekoratif, kini kembang kamboja memiliki peranan besar dalam seni merangkai bunga parsel.
Memang, kamboja telah berubah citra, dari penghias kuburan menjadi tanaman hias yang menawan. Ini bisa terjadi karena para praktisi ”perbungaan” tak henti-hentinya mengembangkan variasi bunga kamboja dengan mengawinsilangkannya. Dari situ, muncul berjenis-jenis kamboja dengan warna yang sangat variatif. Tak cuma putih dan merah muda, tapi juga kuning, merah maroon, oranye, dan sebagainya.

Kemudian, sesuai dengan warnanya, muncul pula nama dan julukan baru untuk tanaman ini, antara lain Putri Salju, Mutiara, Merah Kecap, Putri Bal, Pecah Seribu, Putri Gunung, dan lain-lain.
Seiring dengan bertambahnya peminat, harganya pun kian melesat. Oleh karena itu, tak perlu heran bila ada kamboja dengan tinggi 2-3 meter (siap tanam) berharga Rp 1-1,5 juta, sementara yang tingginya baru 1-2 meter bernilai Rp 200-300 ribu. Dan, boleh percaya atau tidak, cukup banyak kolektor asal Pulau Jawa yang ”nekat” mendatangkan pohon-pohon kamboja berusia ratusan tahun dari Bali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih,